[KKA2014] Part 1: Kuliah Kerja Arsitektur 2014 - Gadjah Mada University

Setelah perjuangan cukup panjang... akhirnya tahun 2012, berhasil menjadi salah satu mahasiswa Arsitektur Universitas Gadjah Mada...
Awal-awal masuk, pasti kepo-kepo di di Fa****ok, dan menemukan kakak-kakak angkatan 2010 foto bareng di Bandara Svarnabhumi, Bangkok-Thailand. WOW. Kok bisa sih?
Ternyata mereka memang ke Bangkok dalam rangkaian acara KKA, Kuliah Kerja Arsitektur 2012. Seru yah, UGM punya acara begini... Jadi apa itu KKA?

Kuliah Kerja Arsitektur (KKA) -copyright @2014 SC KKA2014
merupakan salah satu kegiatan pembelajaran Program Studi Sarjana Teknik Arsitektur Universitas Gadjah Mada  yang termasuk dalam Sistem Kredit Studi (SKS) dengan bobot 2 SKS yang merupakan mata kuliah pilihan oleh mahasiswa tahun kedua di semester keempat.
Kegiatan pembelajaran Kuliah Kerja Arsitektur (KKA) berupa kuliah yang dilaksanakan di luar kampus bersama dosen pembimbing untuk melengkapi dan mendukung pembelajaran yang berkatian dengan ranah studi di bidang arsitektur yang melatih mahasiswa/i dalam hal pemecahan masalah dengan mempelajari referensi yang ada sebagai simulasi di lapangan kerja arsitek sebenarnya. Kuliah tersebut dilaksanakan di tempat-tempat yang disesuaikan dengan tema besar KKA, baik di dalam maupun di luar negeri.

Nah, jadi intinya, mahasiswa arsitektur UGM melaksanakan semacam field study, baik ke luar maupun dalam negeri (dengan persetujuan angkatan). Angkatan 2008 dan 2009 melakukannya di Singapore dan Malaysia, 2010 di Bangkok Thailand dan Bali, 2011 di Singapore, bagaimana dengan angkatan 2012?

Mengambil tema besar: TEKNOLOGI DALAM ARSITEKTUR,
angkatan 2012 dipecah dalam 2 tim, Tim China (Beijing-Tianjin) dan Tim Singapore-Malaysia (Johon Bahru, Melaka). Memberangkatkan 44 mahasiswa ke China dan 27 mahasiswa ke Singapore-Malaysia merupakan hal yang luar biasa tidak mudah. Panitia mempersiapkannya selama setahun lebih dengan suka-duka, stress, rapat berkali-kali, dsb dsb dsb....
Tapi puji Tuhan, ternyata ke-solid-an angkatan dan kerja sama tim berhasil mewujudkan KKA 2014 ke China pada 11-16 September 2014 yang lalu. 


Di sini, admin akan nge-share perjalanan kami selama di China, semoga bermanfaat...
To be continued...

PART 1 | PART 2 | PART 3 | PART 4 | PART 5 | PART 5.5 | PART 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages