Kaca Akrilik Sebagai Material Bangunan

Sumber Gambar Cover : www.sheetplastics.co.uk

Lembaran akrilik, yang sering juga disebut sebagai plexiglass atau acrylic glass, sudah ada selama beberapa dekade dan merupakan bahan bangunan alternatif yang jauh lebih kuat dan lebih aman daripada kaca dan plastik lainnya. Sifatnya yang lentur dan mudah dibentuk menjadi berbagai bentuk yang rumit membuat material ini menjadi bahan alternatif yang cukup diminati. Berikut adalah beberapa contoh pengaplikasian akrilik yang dapat menggantikan kaca dan material lainnya sebagai bahan bangunan tahan lama. 


Jendela


Jendela Akrilik -  amazon.co.uk


Kaca selalu menjadi standar untuk jendela komersial dan perumahan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, lembaran kaca akrilik menjadi lebih populer karena pengusaha dan pemilik rumah lebih peduli tentang keselamatan dan keamanan. Plexiglass menawarkan tampilan dan nuansa yang sama seperti kaca tetapi dengan biaya yang jauh lebih rendah. Plexiglass juga jauh lebih tahan lama dan tahan pecah. Hal ini menawarkan lapisan perlindungan ekstra yang tidak bisa diberikan kaca tradisional karena mudah pecah. 


Skylight 


Skylight Dome - innovativeacrylics.com

Tempat penting lain untuk mengganti kaca rumah dan komerisal adalah konstruksi atap kaca. Plexiglass memiliki lebih banyak fleksibilitas daripada kaca dan dapat dipasang pada semua jenis atap, di mana kaca memiliki beberapa batasan. Lembaran akrilik plexiglass juga sangat tahan lama terhadap cuaca dan daya tahannya jauh lebih tinggi dari kaca. Saat menggunakan plexiglass dengan aplikasi kaca, ia memiliki ketahanan tinggi terhadap noda dan goresan sambil tetap mempertahankan kejernihan yang menakjubkan. Akrilik dan kaca plexiglass memiliki nilai termal tinggi dan melindungi bangunan lebih baik daripada kaca, membantu meningkatkan efisiensi struktur bangunan. 


Terowongan Akuarium 



Contoh pengaplikasian akrilik pada tempat yang membutuhkan keamanan dan kekuatan ekstra adalah dinding terowongan akuarium yang biasa kita jumpai di berbagai tempat wisata. Dengan sifatnya yang lentur dan mudah dibentuk, akrilik dapat dibentuk mengikuti desain yang diinginkan. Selain jernih dan transparan, sifatnya yang tidak mudah pecah menjadikan bahan ini menjadi pilihan terbaik dari segi keamanan dan estetika dibanding kaca. Tebal dinding terowongan akuarium seperti ini dapat mencapai 60 cm. 


Kanopi Rumah 


Kanopi Akrilik - jasatukang.xyz

Dengan sifatnya yang jauh lebih kuat dan aman, akrilik menjadi bahan bangunan yang paling banyak digunakan sebagai material kanopi rumah dibanding kaca. Namun, karena sifatnya yang lebih unggul itu pula, tak heran bila dijumpai harga kanopi akrilik yang lebih mahal dibandingkan kanopi kaca. Warna dan desain akrilik untuk kanopi rumah juga bermacam-macam. Warna akrilik yang paling banyak digunakan adalah polos (bening) dan putih. 


Kolam Renang 


Akrilik Sebagai Dinding Kolam Renang - pgacrylic.com


Kembali berkaitan dengan air, kolam renang yang ingin mencapai nilai estetika tertentu dapat memanfaatkan akrilik karena sifatnya yang transparan. Dengan ketebalan tertentu, akrilik akan mampu menjadi dinding struktur kolam renang yang dapat memikul gaya tekanan dari air kolam renang. Dibanding kaca, tentu akrilik adalah pilihan yang lebih baik karena sifatnya yang tidak mudah pecah, sehingga memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi bagi pengguna kolam renang. Selain sebagai dinding, desain kolam renang yang memanfaatkan askrilik dapat menempatkan estetika visual transparansi dari akrilik pada bagian dasar kolam renang yang berada di lantai atas, sehingga akan menjadi view tersendiri bagi pengunjung yang berada di bawah kolam renang tersebut. 




Sumber: 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages