Menghemat Ruang Dengan Furnitur Multifungsi



Furnitur merupakan salah satu hal terpenting pada sebuah ruangan, apalagi ruangan yang dimaksud adalah sebuah ruangan dalam sebuah rumah tinggal, seperti ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, dan kamar mandi. Sebuah ruangan yang baik berisikan furnitur-furnitur yang dapat menunjang aktivitas pengguna pada ruangan tersebut, misalnya meja makan pada ruang makan dan kasur pada kamar tidur. Bila pada ruang makan tidak terdapat meja makan, maka aktivitas makan pengguna dapat terganggu. Begitu pula apabila tidak terdapat sebuah kasur pada kamar tidur, maka aktivitas istirahat atau tidur pengguna ruang akan terganggu.

Selain furnitur, terdapat hal penting yang perlu diperhatikan saat merancang sebuah ruangan, yaitu kapasitas. Luas dan volume sebuah ruangan memengaruhi kapasitas ruangan tersebut. Sebuah ruangan dengan luas 4m2 jelas memiliki kapasitas yang berbeda dan jauh lebih sedikit daripada ruangan dengan luas 10m2. Pengaturan kapasitas sangat memengaruhi kenyamanan pengguna saat berada dalam sebuah ruangan. Luas dan volume total furnitur-furnitur pada ruangan juga memengaruhi kapasitas ruang. Semakin luas dan volume total luas furnitur pada ruang, semakin kecil kapasitas ruang. Lalu, apabila luas dan volume total furnitur jauh lebih besar dari luas sirkulasi gerak pengguna ruang, maka ruangan dapat terasa sangat sempit dan tidak seimbang.



Di era ini, banyak orang memilih untuk memiliki rumah tinggal yang tidak besar alias cukup kecil atau sering disebut rumah tinggal yang minimalis. Rumah yang kecil dipilih karena beberapa alasan, contohnya harga tanah yang semakin mahal, tanah yang luas mulai sulit dicari, atau sekedar keinginan pribadi pembelinya. Dengan luas rumah yang cukup kecil, maka kapasitas rumah beserta ruangan-ruangannya juga kecil. Maka dari itu, furnitur-furnitur yang dapat digunakan akan menjadi terbatas baik pada jenis maupun jumlahnya.

Artikel ini menyediakan salah satu jawaban atas permasalahan tersebut. Bagaimana cara merancang sebuah interior ruangan dalam sebuah rumah tinggal minimalis dengan fungsional tanpa melupakan nilai estetika dan kenyamanan ruang, yaitu dengan furnitur multifungsi. Berikut beberapa contoh furnitur multifungsi yang dapat Anda gunakan pada interior rumah Anda.
  • Rak penyimpanan bisa juga menjadi meja kerja

Source : abchomy.com

  • Tidak perlu bingung kerja di ruang keluarga, ada storage-nya juga

Source : tinyhometour.com

  • Dining-set hemat space

Source : moetoe.com

  • Kini ruang tidur dan kerja dapat disimpan dalam kabinet


  • Kursi yang tidak diduduki bisa digantung seperti hanger

Source : kenamp.com

Tertarik dengan furnitur multifungsi?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages