5 Proyek Decluttering 30 Menit : Part 1

Decluttering - mengacaukan kekacauan. Itu adalah upaya membersihkan dan merapikan rumahmu dengan cara menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak berguna untukmu. Ya intinya adalah membersihkan rumahmu. Bagi orang-orang yang rumahnya berantakan, apalagi yang seperti kapal pecah, membayangkan untuk membersihkannya saja pasti sudah membuat pusing. Mau mulai dari mana? Akan membutuhkan waktu berapa lama? Kalau hanya dipikirkan terus, rumahmu keburu porak poranda.

Proyek decluttering bisa berupa kegiatan bersih-bersih seharian bahkan semingguan, bagi orang yang tidak punya banyak waktu luang tidak akan bisa melakukannya. Tapi kamu bisa menyicilnya menjadi proyek-proyek kecil yang hanya akan membutuhkan waktu (mungkin) hanya 30 menit saja. Kalau kamu rajin meluangkan waktu 30 menit untuk proyek kecil ini setiap hari, maka bukan tidak mungkin rumahmu akan kembali rapi, bersih, dan cantik. Tapi ingat, kamu harus disiplin untuk tidak mengacaukannya lagi.


1. Rak Buku


Kalau kamu memiliki jumlah buku yang besar dan tersebar ke seluruh penjuru rumahmu, kamu perlu memilahnya. Tapi memilah buku-buku itu sekaligus tidak mungkin dengan jumlah waktu yang sedikit, maka yang perlu kamu lakukan adalah menyortir satu rak dulu saja. Gunakan tas belanja atau kardus untuk meletakkan buku yang akan kamu singkirkan, lalu ketika kamu keluar, sebisa mungkin langsung kamu sumbangkan ke perpustakaan atau tempat lain yang membutuhkan. Kamu juga bisa mengirimkannya lewat paket.

- Apakah kamu sudah membaca bukunya? Kalau belum, jujurlah kenapa? Apakah karena belum memiliki waktu untuk membacanya atau merasa bersalah saja makanya kamu simpan?

- Apakah kamu menikmati buku itu? Kalau bukan yang benar-benar kamu favoritkan, sudah sumbangkan saja..

- Akankah kamu membacanya lagi? Atau menjadikannya referensi atau meminjamkannya? Kalau tidak akan membukanya lagi, menyingkirkannya adalah jalan terbaik.


2. Meja Dapur


Meja dapur bagi keluarga yang ibunya aktif di dapur dan memiliki anak masih sekolah, meja dapurnya pasti berantakan dengan kertas pengumuman sekolah, remah-remah sereal anak, bon belanja, to-do list dan shopping list, plastik kresek, box makanan, surat-suratan, dan lain-lain. Luangkan waktu 30 menit untuk memilah-milah kekacauan ini. Plastik, kertas, styrofoam, sampah organik, dan kalau bisa benar-benar dipilah sesuai bentuk barangnya juga.

Jangan lupa meletakkan box atau nampan khusus untuk wadah kekacauan ini agar di masa depan setidaknya mereka tidak tersebar kemana-mana dan kamu hanya perlu membersihkan di satu spot ini.


3. Ruang Bawah Cucian Piring


Ruang kosong yang ada di bawah tempat cucian piring biasanya tertutup dan digunakan untuk meletakkan alat-alat kebersihan seperti lap, sabun pel, cairan pembersih kloset, barang-barang yang lebih baik tersembunyi. Pertama-tama, keluarkan semuanya lalu bersihkan ruang tersembunyi ini. Kemudian masukkan kembali alat-alat yang sering kamu gunakan, yang masih utuh, dan masih bagus kondisinya. Singkirkan botol kosong, barang yang sudah kadaluarsa atau kotor. Sebisa mungkin kelompokkan barang tersebut sesuai materialnya agar mudah di daur ulang.


4. Meja Samping Tempat Tidur


Kalau meja samping tempat tidurmu berantakan, artinya ketika memulai hari dan menutup hari kamu selalu memandang sebuah kekacauan, tidakkah itu melelahkan? Singkirkan buku bacaanmu, random kertas catatan, gelas minum bekas kemarin, semua barang-barang yang diatasnya, lalu bersihkan permukaan meja. Kemudian letakkan buku yang sedang kamu baca, buku catatan dan pulpen, dan lengkapi dengan sebuah lilin aroma terapi dan vas ber-bunga. Kamu bisa menutup hari ditemani wangi yang menenangkan dan memulai hari menatap bunga yang menyegarkan.


5. Lemari Baju


Sama seperti rak buku, mulailah 30 menit memilah baju dan merapikannya dengan hanya 1 laci dahulu, teruskan ke laci lainnya hingga 30 menit selesai. Lakukan di waktu selanjutnya hingga seluruh isi lemari bajumu rapi dan yang tersisa adalah baju yang memang sering kamu pakai, kamu favoritkan, dan baju kenangan yang tidak bisa kamu buang. Baju yang jarang kamu pakai, baju sudah sobek, dan baju tak berarti lainnya harus kamu keluarkan. Baju pantas pakai bisa kamu sumbangkan, sedangkan baju sobek bisa kamu ubah menjadi kain lap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages