11 Cara Menghidupkan Ruangan dengan Warna

Menambahkan warna pada ruangan seringkali menjadi kekhawatiran pemilik rumah. Saat di toko cat kita mungkin jatuh cinta pada shade ungu lavender. Saat di toko furnitur mata kita tertuju pada sofa cantik berwarna pink. Tapi setelah dipikirkan akhirnya tidak jadi karena takut ruangan terlalu mencolok atau tidak pas dengan furnitur lainnya. Sebenarnya warna bisa menjadi menarik dan menyenangkan kalau diterapkan dengan jumlah yang tepat dan kreatif. Begini misalnya.

1. Pintu Masuk Rumah


Pintu masuk rumah adalah spot yang cocok untuk warna karena ialah yang menyambutmu setiap hari. Mengecat pintu masuk dengan warna yang terang dan mencolok dapat memberi kesan kuat pada fasad rumah tanpa perlu menambahkan aksen dekorasi lain. Kamu bisa mengecat seluruh kusen pintu atau daun pintunya saja dengan membiarkan kusen berwarna netral.


2. Sebagian Dinding


Kalau kamu ingin menambahkan warna berani pada ruangan tapi tidak ingin kesan yang terlalu berat, cat saja sebagian. Kan tidak ada aturan kamu harus mengecat seluruh ruangan atau full satu dinding. Cat dinding yang memiliki pintu, jendela, atau yang berpanel kayu karena sebagian permukaannya akan tetap kosong atau biarkan sedikit bagian dinding tetap bercat netral. Cat secara diagonal untuk kesan kontemporer.

3. Headboard Tempat Tidur



Cat bagian dinding di belakang tempat tidur yang tanpa headboard dan yang ber-headboard dapat menambah kedalaman pada ruangan. Atau kamu bisa memilih headboard tempat tidur yang berwarna dan bertekstur mewah untuk kesan kedalaman yang ekstra. Tambahkan elemen warna-warni seperti artprint di atas headboard atau bantal-bantal di atas tempat tidur.

4. Mix and Match Kursi


Kursi yang berbeda warna dapat menghidupkan ruang makan. Pilih kursi dengan bentuk yang sama dengan warna yang berbeda untuk menciptakan tampilan unik dan lucu. Alternatif lain kalau kamu sudah punya satu set kursi makan, cat kursi-kursi tersebut dengan warna yang berbeda, dan kamu bisa memilih sendiri warna yang kamu inginkan.


5. Rak Buku


Kalau kamu memiliki rak buku yang memperlihatkan dinding di bagian belakangnya (alias bolong), pindahkan atau copot dulu rak itu lalu cat dindingnya. Setelah kamu pindah atau pasang kembali rak, letakkan barang-barang seperti buku dan pajangan berwarna netral untuk memecah warna dinding tersebut. Atau kamu bisa menggunakan barang berwarna kuat untuk membuat komposisi warna yang lebih berani.



Kalau kamu menginginkan tampilan baru untuk furnitur lamamu, coba cat kaki-kakinya dengan warna terang, seluruh atau sebagiannya. Akan lebih cocok untuk furnitur yang memiliki kaki-kaki panjang seperti meja atau kursi makan, tapi kalau kamu memang menginginkan efek yang lebih sedikit, furnitur seperti sofa, side-table, coffee-table, apapun yang memiliki kaki-kaki kecil yang bisa dicat, cat saja.


7. Lantai Dapur


Karpet dapat menambahkan warna dimanapun ia diletakkan, termasuk dapur. Ruang sirkulasi antara kabinet dapur dengan island dapat diletakkan karpet yang akan menambah poin fokus tampilan dapur. Gunakan karpet yang mudah diambil dan dicuci kalau-kalau kamu menumpahkan sesuatu di atasnya.


8. Kabinet Dapur


Mengganti semua pintu kabinet dapurmu dengan yang berwarna terang mungkin pilihan beresiko dan mahal. Tapi kan kamu bisa hanya menambahkan warna pada salah satu pintunya saja. Akan lebih mudah kalau kabinet dapurmu adalah jenis modern yang plain dengan ukuran standar karena lebih mudah mencari penggantinya. Kalau mau lebih murah lagi, dicat saja.


9. Furnitur Indoor-Outdoor


Furnitur indoor-outdoor seperti bangku biasanya berwarna-warni. Mereka berukuran kecil, gampang dan cocok dijejalkan di ruang manapun. Hal ini akan memudahkanmu dalam menambahkan seporsi warna dalam tampilan ruangan, siap dipakai sebagai meja atau kursi terserah yang kamu mau.


10. Throw Blankets


Letakkan selimut terlipat rapi, dibiarkan tidak dilipat, atau disampirkan di senderan sofa, apapun caranya akan menambahkan warna pada ruangan, mudah sekali kan. Kamu juga bisa menggantinya dengan warna yang lain. Pada contoh interior ini, selain menggunakan selimut, ia juga menggunakan bangku indoor-outdoor yang berguna sebagai meja. Ruangan menjadi cerah dan ceria dengan paduan warna peach glossy pada bangku dengan selimut biru.


11. Kap Lampu


Terakhir, cobalah mengganti kap lampumu dengan yang berwarna cerah atau men-DIY-kan-nya dengan yang unik dan trendi seperti efek ombre atau dip-dye. Cahaya secara alami menarik pandangan mata, jadi kap lampu yang baru adalah pengaruh besar terhadap tampilan ruangan. Jangan membuang kap lampu yang lama, kamu bisa menggunakannya kembali kalau sudah bosan dengan kap lampu baru ini.


Artikel asli :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages