10 Barang Penting yang Harus Ada di Kosan

Tahun ajaran baru sudah datang. Apakah kamu mahasiswa baru yang merantau? Kehidupan mahasiswa rantauan kebanyakan akan dihabiskan kalau tidak di kampus ya kosan. Kosan pasti sempit tapi harus mencukupi segala kegiatan hidup mahasiswa disitu, bayangkan betapa sumpeknya itu pasti. Tapi mau gimana lagi, yang bisa kamu lakukan adalah pintar-pintar mengatur space. Berikut adalah 10 hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapat kamar kosan yang fungsional dan nyaman ditinggali hingga kamu lulus.


1. Penyimpanan di Bawah Tempat Tidur


Tempat tidur pasti akan menjadi furnitur terbesar dan te-makan banyak tempat di dalam kamarmu. Jadi kamu harus benar-benar memanfaatkan space yang termakan furnitur ini. Kalau kamar kosanmu sudah disediakan dipan tempat tidur berkolong, kamu bisa memanfaatkan kolong ini untuk menaruh kardus-kardus yang berfungsi untuk tempat penyimpanan. Kalau belum, kamu bisa menginvestasikan uangmu untuk membeli dipan yang memiliki laci dibawahnya. Efisien tempat, dan kamu bisa menjualnya lagi ketika sudah lulus.


2. Pencahayaan yang Cukup


Kamar kosan biasanya hanya dilengkapi oleh satu lampu yang ada di tengah ruangan. Dengan menaruh beberapa lampu untuk fungsi tertentu, kamar akan lebih terasa seperti rumah. Lengkapi kamar kosanmu dengan lampu tidur, lampu belajar, dan lampu hias kecil-kecil, dijamin kamu akan betah berlama-lama di sini.


3. Papan Pengingat Jadwal dan Tugas


Papan ini penting untuk menjaga kelangsungan hidup mahasiswa. Untuk menggantung jadwal kuliah, pengingat tugas, rapat, atau jadwal kumpul, papan ini bisa juga untuk memajang gambar inspirasi.


4. Tatakan/Baki Tempat Menaruh Gelas


Mahasiswa pasti akan menghabiskan waktunya di atas tempat tidur, mengerjakan tugas-lah, menonton drama korea-lah, atau hanya menghabiskan waktu tiduran sambil bermain hp. Untuk menemani kegiatan-kegiatan itu biasanya mereka sambil memakan camilan dan minum. Dengan adanya tatakan atau baki untuk menaruh barang-barang itu akan mencegah mereka tumpah ke kasur.


5. Wadah Baju Kotor


Mahasiswa yang sibuk, dan yang tidak pun, biasanya punya satu kebiasan buruk yaitu menaruh baju kotornya sembarangan. Adanya wadah khusus untuk baju kotor akan membantumu memisahkan baju yang bersih dengan yang kotor. Gunakan wadah yang cantik dan stylish, ironisnya wadah itu berfungsi menyembunyikan barang kotor di dalamnya. Tapi jangan lupa untuk mencuci baju kotormu ya!


6. Area Karpet


Adanya area karpet di dalam kamar kosanmu akan memberi kenyamanan tambahan. Karpet mencegah kakimu menyentuh lantai yang dingin. Kamu juga bisa lesehan dan tiduran di lantai dilapisi layer lembut dan empuk. Gunakan karpet berwarna terang untuk tampilan hangat dan ramah, gunakan karpet berwarna gelap untuk tampilan menenangkan dan privat. Karpet adalah salah satu cara memberi karakter pribadi terhadap tampilan kamar kosan.


7. Wallpaper


Kalau kamu benar-benar ingin memberi karakter pribadi terhadap kamar kosanmu, kamu bisa memasang wallpaper. Ada banyak pilihan wallpaper yang mudah diaplikasikan, dan yang paling penting, mudah untuk dicopot.


8. Peti Penyimpanan


Peti penyimpanan bisa berfungsi lebih dari itu. Ia juga bisa menjadi meja atau kursi tambahan.


9. Gantungan


Selain baju, barang-barang seperti jaket, tas ransel, dan topi mungkin merupakan barang yang pasti ada dan sering dipakai mahasiswa. Menyimpan mereka menggunakan gantungan akan menghemat space lantai dan merapikan kamarmu. Pasang gantungan di belakang pintu masuk kamarmu. Kamu bisa menggunakan gantungan lepas-pasang tanpa paku untuk mencegahmu melukai pintumu.


10. Tempat Tidur dan Bantal-bantal Nyaman


Dan yang terakhir adalah tempat tidur, tempat mahasiswa akan menghabiskan banyak sekali waktu di atasnya. Menggunakan kasur dan sprei yang lembut akan membantumu hidup betah di kosan. Taruh bantal-bantal lucu atau estetik untuk menambah kenyamanan dan tampilan kamar. Semoga ini tidak membuatmu malah kebanyakan tidur dan melupakan tugasmu ya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages