Cara Memilih Warna Cat yang Tepat untuk Rumahmu

Mengecat ruangan dengan warna baru adalah cara paling cepat dan mudah untuk mengubah tampilan ruangan. Tapi, menentukan mau warna apa pun ternyata juga tidak secepat itu. Pasti lama sekali berpikirnya. Para desainer interior bisa dengan mudah menyarankan warna navy atau hijau. Tapi apakah warna itu benar-benar yang kamu inginkan? benar-benar yang kamu banget? Tiga desainer interior berikut melalui Houzz membagikan tips bagaimana caranya menentukan warna tersebut. Dengan cara-cara praktis, kamu akan bisa menemukan warna pilihanmu.


1. Lihat Lemari Bajumu


Orang yang pergi ke toko cat belum tentu sudah memiliki pilihan warna yang akan ia beli. Ia mungkin akan melihat-lihat katalog warna dulu untuk memilih warna yang paling menarik perhatiannya. Tapi warna itu sebenarnya belum tentu warna yang benar-benar ia inginkan untuk dilihat setiap hari. Desainer Keith Wardlaw dari Plus Modern Design menyarankan menggunakan pendekatan unik ini. Cobalah untuk melihat ke lemari bajumu. Warna apa yang paling banyak kamu gunakan. Apakah sering digunakan karena kamu menyukainya? Atau apakah kamu memiliki baju favorit karena ia terlihat bagus ketika kamu gunakan? Apa warnanya? Sebuah ide baguskan kalau kamu mengecat warna rumahmu dengan warna baju favorit yang bagus di badanmu.


Melihat lemari baju juga bisa membantumu menentukan aksen atau paduan warna cat untuk rumahmu. Kamu mungkin sering memadupadankan baju warna baby blue-mu dengan celana khaki, atau memakai sepatu dan tas kulit dengan perhiasan perak. Kamu bisa mengadaptasi mereka menjadi tema warna ruanganmu misalnya dengan mengecat warna dinding dengan baby blue dengan warna sofa khaki atau menggunakan sofa leather dengan bantal abu-abu dan meja berangka metalik.


2. Ingat-ingat Kenangan Bahagiamu


Desainer interior Kelly Porter ketika mengadakan workshop tentang warna sering mengutarakan pertanyaan "Apa warna rumah tempat tinggal masa kecilmu dulu?" dan "Apa warna yang paling membuatmu bahagia?". Menurutnya inspirasi bisa datang dari mana saja. Bisa saja ketika kamu kecil, kamu sering memasak bersama nenekmu dan dapur nenekmu berwarna kuning gading. Kamu bisa mengecat dapurmu dengan warna kuning gading karena memori bahagia yang sudah kamu habiskan dengannya.

Kalau kamu tidak mengingat momen tertentu, cobalah buka album foto. Kamu mungkin menemukan foto liburanmu ke Labuan Bajo dan teringat keindahan warna lautnya yang biru kehijauan yang menentramkanmu. Kamu bisa memberi aksen warna kamar tidurmu dengan warna ini.


Sebenarnya efek-efek psikologi yang dihasilkan oleh warna belum tentu benar-benar terjadi karena sifat orang yang berbeda-beda. Warna merah yang biasanya dianggap dapat menimbulkan sifat agresif karena meningkatkan detak jantung dan pernafasan, bagi salah satu klien Porter warna merah malah menenangkannya. Inilah bukti bahwa warna bisa menjadi sesuatu yang ya sangat personal.


3. Bayangkan Perasaanmu


Ok jadi kalau kamu mau mengecat kamarmu dengan warna biru, lalu biru yang seperti apa? Untuk memudahkan dalam mempersempit warna biru, kamu bisa membayangkan mau seperti apa perasaanmu ketika di kamar itu. Kalau ingin perasaan cozy, menentramkan, pilih warna biru yang gelap. Kalau kamu ingin perasaan ringan, menenangkan, pilih warna biru yang terang.

Nah kalau sudah menentukan warna biru, kamu harus memperhatikan undertone-nya. Apakah biru itu condong keungu-unguan, kehijauan, keabu-abuan, atau murni biru. Hal ini untuk membantumu dalam memadu-padankan dengan furnitur dan aksesoris lain.


Satu lagi, kamu juga harus mengetahui mau warna yang cenderung dingin atau yang hangat. Keduanya bisa sama-sama bagusnya untukmu, tapi kalau kamu sudah memiliki furnitur yang akan diletakkan dalam ruangan itu, lebih baik warna cat mengikuti kecenderungan warna furniturnya.


4. Cari Inspirasi


Carl Mattison dari Carl Mattison Design menyuruhmu untuk mencari inspirasi di Internet. Pinterest, web-web arsitektural dan desain interior, di Primaverach pun ada. Tapi yang penting untuk diketahui, warna di layar bisa berbeda dengan warna aslinya, karena ia akan terkena banyak sekali faktor luar seperti cahaya lampu, cahaya matahari, atau warna dasar dinding.




5. Persempit Pilihan Warnamu Tak Lebih dari 4


Anggap saja kamu sudah memilah-milah warna di toko cat dan membawa pulang delapan contoh warna biru yang sepertinya kamu inginkan. Coba letakkan mereka di depan dinding ruangan yang akan kamu cat dan bayangkan akan seperti apa efeknya. Atau mudahnya letakkan mereka di kertas putih dan hitam. Warna di atas bidang putih akan terlihat lebih gelap, sedangkan di atas bidang hitam akan terlihat lebih terang. Nah, mana yang lebih kamu sukai diantara delapan warna biru tadi. Kamu akan menyadari bahwa warna-warna biru tadi ada yang memiliki undertone hijau, aqua, sedikit keungu-unguan, atau cenderung ke arah warna yang ternyata tidak kamu sukai sama sekali. Jangan lupa untuk mempertimbangkan paduan warna biru dengan furnitur-furnitur yang nantinya akan ada di ruangan.

Mungkin bagimu sedikit susah menentukan apa undertone warna cat yang kamu inginkan, kecenderungan warna furnitur yang sudah kamu miliki. Nah inilah kenapa kamu membutuhkan jasa desainer interior. Mereka dapat membantumu mengenai hal-hal detail, printilan, yang orang awam belum tentu mengetahuinya. Kalau kamu menyewa jasa desainer interior, mereka bisa langsung menawarimu beberapa pilihan warna yang sudah dipertimbangkan dan kamu tinggal memilihnya. Primaverach menyediakan jasa dan konsultasi desainer interior lho. Kamu tinggal menghubunginya lewat sini.


Artikel asli :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages