[Article] 5 HAL YANG BUAT KAMU KECEWA DAN TERKEJUT SAAT PERTAMA KALI KE JEPANG


Ini spoiler bagi yang belum pernah ke Jepang yah! Kalau nggak ingin baca mending di skip aja.
Kali ini mimin mau bagiin tentang 5 hal yang buat kamu kecewa dan terkejut saat pertama kali mengunjungi Jepang!

1. Makanan yang 'katanya' PEDAS!
Bisa dibilang lidah orang Jepang dan Indonesia sangat jauh berbeda. Orang Indonesia menyukai makanan dengan bumbu dan rasa yang sangat kuat, terutama makanan pedas (ada faktor iklim juga mungkin ya), sedangkan orang Jepang bahkan suka yang mentah-mentah dan terkesan hambar. Coba aja kapan-kapan bawa temen Jepang kamu ke rumah makan padang, trus liat reaksi mereka! haha...

Nah! Di Jepang, kita mungkin akan beberapa kali menjumpai restoran yang menyajikan makanan yang 'katanya pedas' (bahkan pakai gambar cabe!), lalu ada pula snack makanan ringan dengan gambar api berkobar-kobar!
Boleh lah untuk mengobati kangen sama makanan pedas Indonesia, beli satu, coba makan...

Bahkan buat kamu yang nggak doyan pedas, mungkin makanan-makanan itu nggak pedas-pedas amat...

BAHKAN! Walaupun keliatannya cabe, rasanya juga tidak pedas! #PenontonKecewa
Udah nemuin cabe susah, pas udah nemu nggak ada pedes-pedesnya...



2. Merasa ketipu dengan minuman di vending machine
Jepang terkenal banget dengan banyaknya vending machine dan sebagian besar menjual minuman. Minuman ditata sedemikian rupa sehingga menarik, serta ada banyak macam yang bisa kita beli.

Kebanyakan kita akan menemukan berbagai macam olahan teh, mulai dari teh biasa, teh hijau, teh lemon dan berbagai teh lainnya (yang akan membuat kita rindu sama ES TEH di warung soto, padang dan rames yang SUEGER abis!)

Mari dibeli, di coba, dan ... hampir semua rasanya tawar...
Orang Jepang memang suka minuman tawar. Mereka tidak minum teh pakai gula seperti yang kita minum di Indonesia. Nah kecewa kan...
Nunggu sampai Indonesia baru minum es teh lagi ya!

3. Kaget karena merasa murah
Wah, ini sih sebetulnya tidak cuma terjadi di Jepang aja. Kalau kita jalan-jalan ke negara-negara maju dengan nilai mata uang yang lebih tinggi dari rupiah, kebanyakan akan seperti ini.
Cuma kalau yang biasa memperkirakan 1 yen = 100 rupiah... SALAH BESAR!
Cari makan di restoran Matsuya, beli yang 580 yen, dikira murah, makan di Jepang 50 ribuan? WOW!

Tolong di cek lagi, 580 x 125 = 72,500!!!


4. Bahasa yang jadi kendala
Sebaiknya sebelum ke Jepang, kamu belajar dan menghafal beberapa kalimat bahasa Jepang seperti salam, bertanya dan angka.
Kasus nih, mimin dulu lagi di Kawaguchiko (Danau Kawaguchi) dekat Gunung Fuji. Mimin masuk ke penginapan untuk check in di resepsionis yang kebetulan tidak ada orang yang jaga...

Mimin bilang, "Excuse me..." ... ZINK... sepi...
Terus mimin bilang lagi, "Sumimasen..." langsung ada orang keluar, "Hai, hai, irrashaimase...bla bla bla..." (pusing deh miminnya)



5. Tidak seperti yang kita lihat di TV
Wah ini nih. Banyak dari kalian yang suka cewek-cewek Jepang yang kawaii dan cowok-cowok Jepang ikemen yang super kakkoii kan... Kalian lihat di TV tuh mereka imut-imut abis!
Terus kalian berpikir kalau jalan di Jepang dan berpapasan dengan orang-orang di sana, wajahnya juga kawaii kayak yang kamu lihat di TV? No way!
Coba aja... Purikura works well then...

Sekian cerita dari mimin, silakan komen dan share pengalamanmu ya!

author: Puriko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages