[LIFESTYLE] SANGAT TEPAT WAKTU? Ini dia Jadwal Harian Kebanyakan Orang Jepang!

Orang Jepang dikenal 'SANGAT TEPAT WAKTU' dan serba rapi dan detail dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini juga bisa kita lihat dari produk-produknya yang berkualitas tinggi.


www.telegraph.co.uk

Mari kita lihat, sebenarnya gimana sih, oran Jepang menggunakan waktu sehari-harinya?

https://livejapan.com/
Jadwal orang Jepang dalam sehari (Hari Kerja):
1. Bangun pagi antara jam 6-7 pagi. Setelah itu langsung sarapan, berpakaian, cuci muka dan pergi entah sekolah atau kerja.
Kadang sarapan juga dilakukan dalam perjalanan menuju stasiun. Mereka akan berangkat sesuai jadwal kereta, jadi orang Jepang sudah menghitung, berapa lama jalan kaki dari apartemen ke stasiun, lalu naik kereta jam berapa, berapa lama perjalanan di kereta, dan berapa lama jalan dari stasiun sampai kantor/sekolah.

Kereta di Jepang SANGAT TEPAT DAN CEPAT! Jadi kalau sampai ketinggalan 1 menit saja, bisa terlambat semua deh...

2. Makan siang
3. Kantor dan sekolah biasanya pulang jam 5-6 sore.
4. Pulang ke rumah, makan malam sekitar jam 6-8 malam.
5. Waktu tidur sekitar jam 10-12 malam.

Untuk para salaryman, kadang ada waktu untuk 'pendekatan dengan senior dan bos', pulang kantor mereka bersama-sama pergi ke karaoke atau izakaya untuk makan.

Kadang, jika terlalu malam, para salaryman menginap di hotel kapsul dekat kantor, supaya keesokan harinya bisa ke kantor lebih cepat.

https://livejapan.com/
Jadwal orang Jepang dalam sehari (Akhir Minggu dan Hari Libur):
1. Bangun pagi jam 8, agak siangan dari hari biasa ya...
2. Restoran dan cafe di Jepang banyak menawarkan menu spesial di hari libur, jadi biasanya kan penuh di jam-jam makan siang.
3. Makan malam jam 6 atau lebih malam lagi.
banyak restoran tutup lebih malam di hari Sabtu, dan tutup lebih awal di hari Minggu.

https://livejapan.com/
Kapan 'RUSH HOURS'?
Kalau di Indonesia, kemacetan Rush Hours terjadi di jalan dengan mobil-mobil dan motor yang bejibun banyaknya... MACET!
Di Jepang juga macet, tapi yang macet adalah ORANG!

Biasanya terjadi pada pukul 7 sampai 9 pagi dan jam 5 sampai 8 malam, terutama di stasiun-stasiun besar, seperti Tokyo Station, Ueno Station, dsb.
Jika kamu sedang traveling ke Tokyo, lebih baik kamu menghindari stasiun-stasiun besar pada jam tersebut, atau berangkatlah lebih pagi atau setelah rush hour.

https://livejapan.com/
KERJA LEMBUR ADALAH NORMA?
Banyak pekerja di Jepang yang bekerja lembur di berbagai kantor di Jepang. Bertahun-tahun lalu, orang Jepang memang sangat menghargai 'kerja lembur' dan dianggap sebagai hal yang baik. Akan tetapi, saat ini sepertinya pemikiran sudah mulai berubah, kerja lembur sudah dikurangi.

https://livejapan.com/
TEPAT WAKTU ADALAH ETIKA
Ini yang mimin paling suka. Sampai saat ini, mimin cuma punya 3 orang temen mimin yang seperti ini. Jadi buat orang Indonesia ini susah banget ya!

Kereta di Jepang terkenal dengan KETEPATAN WAKTUnya, bahkan mereka tidak akan terlambat walaupun beberapa menit saja. Orang Jepang     sangat sensitif terhadap waktu.
Misalnya kita buat janji bertemu dengan orang pada jam tertentu, sebaiknya kita datang paling tidak 5 menit sebelum jam yang ditetapkan. Atau misalnya kamu sudah tahu akan terlambat karena suatu hal, kamu harus memberi kabar melalui email/sms/line/telp atau apalah dan beritahu bahwa kamu akan terlambat karena alasan tertentu.

Jadi, TEPAT WAKTU adalah sebuah etika sangat penting di Jepang!

source:
livejapan dengan edit oleh Extalia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages