Accessible Architecture - YINYANGPARK

Tugas akhir mata kuliah Aksesibilitas bimbingan Pak Ikaputra, Pak Harry Kurniawan, Rachma-sensei~

Author's Note:
Sebelum ini tidak pernah terpikir untuk konsen pada arsitektur yang aksesibel, bahkan saat mengikuti mata kuliah pilihan ini. Rasanya memikirkan tambahan-tambahan yang akses seperti menambahkan masalah baru pada sebuah penyelesaian dalam desain arsitektur. Entah harus memikirkan ramps (berikut ukuran, kemiringan, dsb), guiding block, sirkulasi, dan masih banyak lagi.
Sampai akhirnya author pergi ke sebuah negara yang sangat memikirkan aksesibilitas hampir pada semua bangunan, tempat umum, transportasi, bahkan toilet.
Di sana author merasakan betapa pentingnya arsitektur yang aksesibel, bukan untuk mereka yang difabel saja, tapi untuk semua orang, di mana desain bangunan benar-benar dapat diakses untuk semua orang, atau yang disebut dengan Universal Design.
Untuk mencapai tahap universal desain ini sangat tidak mudah, banyak hal-hal yang sampai mendetail yang harus dipikirkan. Tapi, menurut author, hal ini sangatlah penting, terutama tidak hanya memikirkan bagaimana desainnya tapi bagaimana yang kita desain menjadi reliable dan dapat digunakan seperti yang diharapkan.
Di bawah ini dikerjakan oleh 5 orang, sebuah desain aksesible pertama author. Masih banyak kekurangan, diharapkan menjadi salah satu masukan untuk ke depannya :D















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages