[Materials] The SMOG-Eater, PROSOLVE370e Facade

Tugas pertama mata kuliah Teknologi Bahan adalah mengenai pengelompokan bahan bangunan, bahwa di dalamnya ada faktor internal dan external menurut kaca mata arsitek, yang meliputi internal adalah: Citra dan Guna. Sedangkan yang external adalah: Waktu, Teknologi, dan Ekonomi.
Kami bebas memillih sebuah bahan bangunan dan menganalisanya secara sederhana menenai faktor internal atau eksternalnya. Banyak yang memilih bambu, kayu, baja, ada pula yang EFTE, Damdex (merk sih ini), lalu Prosolve370e. Apa itu PROSOLVE370e? Ini sedikit mengenai bahan baru ini.

Jadi, di Meksiko, ada sebuah bangunan rumah sakit yang fasadnya dikatakan bisa 'MEMAKAN' asap-asap beracun dari kendaraan yang berlalu-lalang di jalan raya depan RS tersebut. Hal ini disebabkan karena material fasadnya menggunakan bahan yang disebut PROSOLVE370e ini. Pasti kaget sih kalau tahu campuran bahan ini, YAP! Ini adalah Plastik dan di-coating dengan TiO2 a.k.a Titanium Dioksida. 

Seperti kita tahu bahwa Titanium itu logam yang lebih mulia dari emas, tentu harganya lebih mahal dari emas. Dosenku aja ketawa lihat laporan satu ini, memang di internet juga belum mengulas banyak, mengenai harga terutama. Yah, sementara untuk sekedar pengetahuan aja sih. Di beberapa halaman internet, material ini juga disebut-sebut sebagai salah satu terobosan baru di bidang arsitektur untuk menciptakan bangunan ramah lingkungan bisa jadi ke arah Green Architecture.

Okay, kita lihat dulu apa sih Titanium itu?

Titanium adalah sebuah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Ti dan nomor atom 22.
Sifat fisik: merupakan logam transisi yang ringan, kuat, berkilau, tahan korosi (termasuk tahan terhadap air laut dan klorin)
Citra: warna putih-metalik-keperakan.
Titanium digunakan dalam alloy kuat dan ringan (terutama dengan besi dan aluminum) dan merupakan senyawa terbanyaknya, titanium dioksida, digunakan dalam pigmen putih. Titanium dihargai lebih mahal daripada emas karena sifat-sifat logamnya. Unsur ini terdapat di banyak mineral dengan sumber utama adalah rutile dan ilmenit, yang tersebar luas di seluruh Bumi. Ada dua bentuk alotropi dan lima isotop alami dari unsur ini; Ti-46 sampai Ti-50 dengan Ti-48 yang paling banyak terdapat di alam (73,8%).
  
TITANIUM DYOXIDE (Titanium Dioksida) TiO2
Juga dikenal sebagai Titanium(IV) oxide atau Titania dengan rumus kimia TiO2. Memiliki warna putih, disebut Pigment White 6 (PW6), atau CI 77891, diambil dari Limenite, Rutile, dan Anatase. Bisa digunakan dalam banyak hal mulai dari makanan, pasta gigi bahkan fasad bangunan.

PROSOLVE370e

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

TEKNOLOGI
Pengolahan yang dilakukan pada Titanium Dioksida juga sangat luas, seperti pada aplikasinya sebagai pigmen, sunscreen, UV blocking pigment, photocatalyst, penyimpan data elektronik, bahkan bisa menetralisir bakteri, jamur, dan karbondioksida.
Elegant Embellishments yang bergerak di dunia arsitektur memanfaatkan bahan ini sebagai fasad bangunan. Dengan mengkombinasikan plastik dengan TiO2 ini, mereka berhasil menciptakan bangunan dengan fasad ‘Smog-eater’, dengan sebuah produk plastik yang dicoating dengan TiO2, disebut dengan PROSOLVE370e.

Sebuah rumah sakit di Mexico City, Torre de Especialidades di Hospital Manuel Gea Gonzalez adalah bangunan yang menggunakan produk berbahan dasar TiO2, yang kemudian disebut dengan PROSOLVE370e yang merupakan pengolahan Photocatalyst ini bisa mereduksi polusi udara di kota. Dalam kasus ini, bentuk fasad disesuaikan supaya bisa memaksimalkan fungsinya.

Cara kerja PROSOLVE370e ini dengan bantuan sinar matahari, dapat menetralisir: NOx (nitrogen oxides), VOCs (volatile organic compounds), SO2, and FPM, bakteri, jamur, dll.

As a modification to traditional built structures, prosolve370e essentially “tunes buildings” to perform better to the invisible criteria of air pollution.

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

WAKTU
PROSOLVER370e memiliki masa aktif sampai dengan 10 tahun, di mana coatingnya akan mulai rusak. Tapi produk ini sudah dikembangkan sehingga dengan mudah dicoating ulang dengan cara seperti mengecat tembok eksterior. Jadi, setelah masa aktifnya habis, maka harus dicoating ulang atau dengan melepasnya dan memfinishing ulang.

EKONOMI

Titanium merupakan logam sangat mulia, harganya sangat tinggi bahkan lebih mahal dari emas. Tapi setelah menjadi PROSOLVE370e, Titania digunakan sebagai coating saja, sehingga harganya lebih rendah, walaupun masih tergolong material yang mahal. Dalam kasus rumah sakit The Torre de Especialidades memang merupakan proyek pemerintah Mexico dengan investasi sampai jutaan dolar. Prosolve370e dipilih sebagai “anti-microbial, de-polluting effect, juga untuk estetika visual, bentuk fasad yang tidak biasa sebagai salah satu juga dari penyelesaian permasalahan polusi udara di kota Meksiko. Proyek tersebut selesai pada April 2013 lalu.

DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages