Bangunan Bisa Dari Kardus?




Mungkin yang selama ini kalian tahu, kardus hanya berfungsi menjadi pembungkus sesuatu dari hanya menjadi pembungkus indomie sampai menjadi pembungkus kursi yang diimport dari Italia atau Prancis. Namun, ternyata material kardus memiliki banyak potensi lain salah satunya dalam penggunaannya di bidang struktural bangunan. 

Bagaimana bisa sebuah kardus dapat menjadi struktur bangunan? Apa yang menarik dari sebuah bahan bernama kardus? Mengapa kardus mulai dikembangkan fungsinya? Pertama, karen material kardus ini bersifat dapat di daur ulang dan dapat terbiodegradasi. Kedua, material kardus terbuat dari material mentah yang sebelumnya merupakan material yang telah digunakan kembali. Nah, dengan alasan tersebut, material kardus menjadi salah satu fokus minat para peneliti saat ini. Peneliti tertuju pada pembuatan produk berbahan kardus, baik untuk bagian dari bangunan permanen, bangunan tidak permanen, maupun bagian interior bangunan. 

Apa saja yang sedang dikembangkan dari material ini? Material kardus telah dikembangkan untuk dipakai di bidang kestrukturan, bidang konstruksi, sebagai material bangunan sementara, material bangunan darurat, menjadi produk instalasi, bahkan juga telah banyak bahan ini dijadikan material  furnitur-furnitur interior.

Mari kita tengok beberapa contoh karya-karya luar biasa dari material ini

Ini, nih. Cardboard Cathedral karya Shigeru Ban, arsitektur top Jepang




Begini nih interiornya. Langit-langitnya juga dari kardus .




Contoh lainnya, struktur kardus juga ada




Latola, Kursi dari kardus sangat sederhana tetapi kuat menahan beban. Harganya 1 juta-an, lho



Kasur untuk kebutuhan sementara dapat dibuat saat darurat





Keren juga, kan kardus itu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages