[KKA 2014] INFO PEMBUATAN PASSPORT

INFORMASI PEMBUATAN PASPOR
KKA 2014 (Accommodation  Div. up/ Brillian Kenya)

*Penjelasan ini dibuat untuk:
  • menyatukan pemahaman temen-temen tentang pembuatan paspor dan visa
  • memberikan penjelasan yang sejelas-jelasnya kepada yang merasa masih kurang jelas.
pic cre: danilsetiawan.com

Untuk lebih memudahkan, penjelasan akan dibuat dalam format Q&A (question&answer).

INFOMASI PEMBUATAN PASPOR
Q: Pembuatan paspor secara kolektif itu maksudnya gimana?
A: Maksudnya, divisi akomodasi akan menemani dan membantu kalian dalam proses pembuatan paspor. Dan ditegaskan sekali lagi, pembuatan kolektif ini tanpa calo.

Q: Kalau ada koneksi dan/atau dianjurkan orang tua untuk membuat paspor di kampung halaman gimana?
A: Dipersilakan. Monggo yang mau buat di mana pun secara individu, boleh. Kalau ada pertanyaan atau kebingungan juga bisa sms ke akomodasi. Kita masih akan tetap membantu walaupun kalian bikin secara individu.

Q: Apa aja berkas yang harus disiapin kalau mau buat secara kolektif?
A: Silakan menyiapkan KK, akta, KTP beserta masing-masing satu lembar fotokopinya. Untuk fotokopi KTP tolong dibiarkan utuh dalam satu lembar A4 (tidak usah dipotong). Untuk pembayaran administrasi tolong disiapkan uang Rp255.000,00. Satu lagi, untuk surat rekomendasi silakan mengirim hasil scan KTM ke brilliankenya@yahoo.com, nanti divisi akomodasi yang akan memproses

Q: Kalau berkas yang dibawa ke Jogja nggak bisa berkas asli gimana?
A: Silakan bawa aja yang fotokopian tapi harus dilegalisir ya.

Q: Yang harus dilegalisir berapa?
A: Untuk paspor cukup satu aja. Jadi nantinya kalau kalian nggak bisa bawa berkas asli, silakan bawa satu fotokopian yang dilegalisir dan satu fotokopian yang biasa. Tapi dipersilakan kalau kalian mau legalisir lebih dari satu untuk jaga-jaga.

Q: Jadi ke imigrasi cuma bawa berkas-berkas sama uang aja nih?
A: Sebenernya iya, tapi untuk lebih memudahkan tolong bawa juga bolpoin. Dan jangan lupa pakai sepatu dan kemeja.

Q: Udah gitu aja? Jadi intinya cuma butuh siapin berkas (dan uang) terus dateng pas hari yang ditentukan gitu?
A: Iya. Gampang kan? Di situ lah peran divisi akomodasi untuk membantu dan memudahkan kalia

Q: ‘Hari yang ditentukan’ itu kapan?
A: Tergantung kesediaan kalian dan koordinasi dengan divisi akomodasi. Monggo langsung tanya ke Keke untuk koordinasi hal ini.

Q: Kalau aku udah sms Keke dan nentuin tanggal tapi nggak ada kelanjutannya gimana?
A: Berarti itu ada masalah dalam pendataan. Saya secara personal minta maaf akan hal ini, sudah saya minimalisir adanya miss dalam pendataan, tapi ternyata saya masih manusia Silakan sms ke Keke lagi untuk data ulang. Dan tolong proaktif dalam memastikan apakah kamu sudah didata secara benar atau belum.

Q: Di hari H pembuatan paspor itu kita ngapain aja?
A: Kalian akan menyerahkan berkas ke imigrasi, melakukan pembayaran, lalu foto dan wawancara. Kalau kalian bisa bekerjasama dengan baik (datang ontime sesuai perjanjian jam, bawa berkas lengkap, pakai baju yang sesuai) semua proses pembuatan bisa selesai sekitar jam 10 pagi dan paspor bisa diambil sekitar 3 hari setelah pembuatan.

Q: Kemarin kan katanya mau ada kloter pembuatan yang pas udah masuk, nah itu kapan?
A: Masih belum pasti, kita masih nunggu jadwal kuliah dulu karena kita harus mempertimbangkan jadwal kuliah juga biar nggak terlalu banyak pengorbanan.

Q: Kalau mau bikin pas liburan ini aja gimana?
A: Maaf banget kloter yang untuk liburan ini udah penuh, termasuk yang awal september. Jadi untuk yang belum konfirmasi untuk bikin paspor kolektif pas liburan dianjurkan untuk ikut kloter yang pas masuk besok aja. Jadwal menyusul.

Q: Biaya Rp255.000,00 ini udah termasuk dalam 8juta yang harus kita bayarkan untuk KKA belum?
A: Belum. Karena paspor sebenarnya adalah dokumen pribadi, kami hanya membantu dalam mengurusnya, jadi ini tidak termasuk dalam 8juta ‘yang itu’ 

Apakah sudah jelas? Semoga sudah ya.

Nantinya kalau kalian sudah menentukan tanggal, akan ada sms penjelasan kok dari divisi akomodasi. Intinya, sekarang kalian tinggal siapin berkas dan dateng pas hari dan jam yang ditentukan, untuk proses selanjutnya nanti akan ditemenin sama divisi akomodasi.

Kalau ada pertanyaan jangan sungkan sms ke divisi akomodasi:

PS.
Satu lagi, divisi akomodasi mau minta tolong. Untuk pembuatan paspor, kalau kalian sudah menentukan tanggal, tolong benar-benar dipastikan kalian bisa free di hari itu. Dan tolong banget diprioritaskan, jangan cancel atau ubah tanggal secara mendadak, karena ada berkas yang harus diproses oleh divisi akomodasi sebelum hari H. Dan berkasnya itu nggak segampang membalikkan telapak tangan, jadi tolong ya…… 

Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages